Makanan untuk Mata Sehat


Anda pasti sudah sering mendengar kalau wortel bagus untuk kesehatan mata. Pernyataan ini benar adanya. Pilihan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Penelitian menemukan kalau nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia sepertiAge-Related Macular Degeneration(ARMD), katarak, Glaucoma andDiabetic Retinopathy. 

Sebuah studi yang dilakukan National Eye Institute (NEI) menunjukkan kalau vitamin dan nutrisi tertentu merupakan kunci utama mencegahan penyakit mata.  Nutrisi dan vitamin tertentu tersebut bisa mencegah penyakit utama mata yang berkaitan dengan usia hingga 39%. 

Salah satu kandungan dalam makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata adalah lutein. Lutein merupakan antioksidan karotenoid yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Lutein ini juga merupakan pigmen yang memberikan warna kuning dan orange pada sayuran. 

Antioksidan ini dipercaya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata karena bisa melindungi dari katarak dan degenerasi macular. Hal ini biasanya terjadi di area macularetina. Macula merupakan bagian retina yang bertanggung jawab dalam hal penglihatan sentral (central vision). Central vision ini hilang pada mereka yang mengalami degenerasimacula. Beberapa studi juga telah menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi lutein dengan pengurangan risiko mengalami degerasi macular dan katarak. 

Untuk menghindari gangguan mata, Anda bisa memulainya dari mengatur pilihan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk mata indah Anda: 

Alpukat 
Alpukat merupakan salah satu dari makanan yang padat nutrisi. Karena itu, tidak heran kalau makanan satu ini baik untuk mata. Alpukat mengandung lebih banyak lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Zat ini sangat penting untuk mencegah degenerasimacular dan katarak. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber yang kaya akan nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. 

Wortel 
Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Hal ini karena makanan ini kaya akan beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Tentunya Anda sudah tahu kalau vitamin satu ini, berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas. 

Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane. 

Telur 
Telur kaya akan nutrisi mata seperti vitamin A, seng, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dancysteine. 

Bayam 
Bayam merupakan sumber lain yang kaya vitamin A. Bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin

Kol 
Sama seperti bayam, kol juga kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxathin. 

Tomat 
Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene, dua nutrisi yang sangat penting untuk mata. 

Biji Bunga Matahari 
Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum. 

Bawang Putih 
Bawang putih mengandung selenium dn nutrisi yang baik untuk mata lainnya seperti vitamin C dan quercetin

Salmon
Salmon kaya akan omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata secara umum. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.