Hidup Sehat Selama Kehamilan


MASA kehamilan tentunya adalah saat-saat yang menyenangkan. Anda akan segera mendapatkan si buah hati yang Anda dan pasangan harapkan. Sebagai orangtua, tentunya Anda menginginkan anak yang sehat. 

Agar si buah hati Anda sehat, Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat karena gaya hidup Anda akan mempengaruhi kesehtan bayi Anda. Jika Anda sudah menerapkan pola hidup sehat, terus pertahankan. Jika belum, mulailah melakukan perubahan yang akan bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda. 

Pola makanan yang sehat 

Nutrisi yang bagus sangat penting untuk kesehatan bayi Anda karena janin mendapatkan nutrisi dari apa yang Anda makan. Sebenarnya tidak ada pola makanan khusus bagi ibu hamil, tetapi para ahli setuju bahwa untuk mendapatkan kehamilan dan bayi yang sehat, Anda sebaiknya melakukan hal-hal berikut: 

  • Makan 5 atau 6 kali sehari dengan porsi kecil
  • Hindari diet selama masa kehamilan
  • Naikan berat badan sebanyak 12.5-17.5 kg jika Anda mempunyai berat badan rata-rata atau lebih jika Anda kekurangan berat badan
  • Konsumsilah suplemen vitamin Anda setiap hari
  • Makanlah tambahan kalsium dan protein setiap hari
  • Konsumsilah berbagai jenis makanan
  • Hindari kafein, alkohol, tembakau, serta obat-obatan kecuali yang dianjurkan dokter kandungan Anda.
  • Hindari paparan zat-zat yang berbahaya seperti asap rokok, zat-zat kimia, obat-obatan, atau radiasi.
  • Hindari makanan yang mengandung zat kimia tinggi seperti beberapa jenis ikan tertentu atau makanan yang bisa menyebabkan Anda berisiko terkena infeksi seperti keju. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai makanan ini.
Pilihan makanan juga sangat penting untuk diperhatikan selama masa kehamilan. Berikut 6 kelompok makanan, seperti yang diuraikan dalam situschildbirthconnection, yang bisa menjadi pilihan Anda setiap harinya: 

Daging dan makanan berprotein. Makanan ini meliputi daging sapi tanpa lemak, ayam, ikan, telur, kacang polong, tofu, serta kacang-kacangan. 3-4 takaran dalam sehari bisa membantu menguatkan otot-otot dan bagus untuk darah. 

Whole grain (padi-padian murni). Makanan ini termasuk roti, oatmeal, pasta, serta beras. 6-11 takaran sehari bisa membantu menyediakan energi, vitamin, dan mineral. 

Sayur-sayuran. Konsumsilah 3-5 takaran sehari. Sayuran menyediakan vitamin-vitamin dan mineral penting, serta serat yang diperlukan untuk sistem regulasi. 

Buah-buahan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi 2-4 takar buah sehari. Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, serat, dan merupakan sumber yang cepat untuk mendapatkan energi. 
Susu dan produk-produk susu. Makanan ini termasuk keju dan yogurt. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi 3-4 takar sehari. Kalsium akan membantu menguatkan tulang, gigi dan otot-otot. 
Lemak, minyak dan pemanis. Sebaiknya gunakan seperlunya saja 

Cairan. Minumlah 8-10 gelas air sehari atau minuman yang tidak berkafein dan tanpa pemanis lainnya. 

Garam. Tambahkan garam agar rasa makanan lebih enak. Tidak perlu terlalu membatasi asupan garam Anda, kecuali jika dokter menganjurkan dengan alasan kesehatan. 


Aktivitas fisik dan olahraga
 

Sangat penting untuk tetap aktif selama kehamilan. Anda akan merasa lebih baik dan lebih ber-energi. Aktivitas fisik juga bisa membantu mempertahankan kekuatan otot saat akan melahirkan. 

Ada banyak berbagai pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan, mulai dari peregangan hingga latihan aerobik. Jika sudah melakukan aktivitas fisik, Anda tidak perlu berhenti. Jika belum, sekarang merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga secara teratur.

Aktivitas harian seperti naik tangga, membersihkan rumah, atau berkebun juga merupakan cara yang baik agar Anda tetap aktif. Untuk memilih jenis olahraga yang tepat, berkonsultasilah dengan dokter. 

Pilih cara aman: 

  • Jangan terpapar kondisi yang terlalu panas. Suhu di dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kecacatan lahir pada trimester pertama. Karena itu, lebih baik hindari dulu sauna.
  • Hindari aktivitas yang berisiko seperti naik kuda, ski, atau menyelam.
  • Jangan bekerja terlalu berat. Pilihlah aktivitas fisik yang tidak terlalu berat
  • Istirahat yang cukup